Lembah Harau, Pesona Alam Tersembunyi dari Sumatera Barat

Sumatera barat memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang indah dan seakan tak ada habisnya. Mulai dari pantai air manis, danau maninjau hingga rekaan gugusan kepulauan Raja Ampat bisa Anda temukan di sana. Salah satu destinasi wisata alam yang belum banyak terekspos adalah Lembah Harau. Ini dia ulasannya lebih lanjut. 

lembah harau
tribunnews.com

Lokasi dan Transportasi Menuju Destinasi 


Lembah ini sendiri terletak di kawasan cagar alam kabupaten Limapuluh Kota, Kecamatan Harau yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari pusat kota Bukittinggi. Tidak jauh dari kota Payakumbuh yang kental akan sejarah, lembah Harau bisa menjadi pilihan bagi Anda pecinta alam. 

Anda bisa menggunakan angkot dari kota Payakumbuh lalu melanjutkan perjalanan dengan becak. Memang transportasi menuju tempat wisata ini masih sedikit sulit, namun akan terbayar dengan pesona dinding granit yang akan membuat Anda berdecak kagum. 

Pesona Alam yang Menyejukkan 


Saat memasuki kawasan cagar alam ini, Anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang asri. Lembah ini terbentuk akibat adanya patahan turun atau block sehingga membentuk lembah yang datar dan luas. Saat berada di sini, Anda akan merasa seolah-olah berada di benteng tebing dengan ketinggian hingga 200 meter

Terbagi menjadi tiga kawasan yaitu Sarasah Bunta, Aka Barayun dan Rimbo Piobang. Tak hanya satu, Anda dapat menemukan tujuh air terjun dengan ketinggian mulai dari 20 hingga 90 meter di kawasan ini. Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga. 

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan Selama di Harau 


Bagi Anda yang sedang berwisata dengan keluarga, kawasan Sarasah Bunta merupakan pilihan yang tepat. Memiliki beberapa air terjun dengan telaga dan tempat pemandian sangat cocok bagi Anda yang berlibur dengan anak-anak. Selain itu, ada juga beberapa spot foto menarik yang bisa Anda abadikan dalam lensa kamera. 

Bukan hanya air terjun, di lembah ini Anda juga dapat menemukan aliran sungai jernih dengan beberapa jeram yang cukup menantang. Tak heran, ada banyakk wisatawan yang mencoba berarung jeram atau sekadar bermain kano di aliran sungai yang lebih tenang. 

Tak hanya berenang atau bermain air, Harau juga menyediakan spot khusus bagi Anda pecinta olahraga ekstrim memanjat tebing. Tingkat kemiringan tebing hingga 90 derajat dengan medan yang menantang disajikan oleh lembah ini khusus untuk Anda. Terdapat 300 lokasi panjat tebing yang bisa Anda coba dengan ketinggian 150 hingga 200 meter. 

Anda juga bisa mengikuti aktivitas tracking mengelilingi lembah. Menggunakan jasa tour guide setempat, Anda akan menikmati sensasi tracking di tengah hutan yang asri dengan aliran sungai yang jernih di sepanjang jalan. Anda juga bisa merasakan sensasi berkemah di beberapa spot perkemahan yang tersedia. 

Biaya Akomodasi 


Jika ingin menginap di kawasan wisata Harau ini, ada baiknya Anda melakukan survei secara online terlebih dahulu. Penginapan berkelas bintang tiga bisa Anda dapatkan di kawasan resort Sarasah Bunta. Sedangkan bagi Anda yang ingin liburan dengan budget hemat bisa mencoba beberapa homestaya dengan biaya Rp200.000,00 per malamnya. 

Masuk ke kawasan ini sendiri, wisatawan hanya ditarik biaya retribusi sebesar Rp10.000,00 per kendaraannya. Sedangkan beberapa spot foto dan air terjun bisa Anda nikmati secara gratis. Beberapa fasilitas lain seperti panjat tebing, trekking dan lainnya mengambil tarif berkisar Rp150.000-500.000,00. 

Bagaimana apa Anda tertarik mengunjungi salah satu surga tersembunyi di Sumatera Barat ini? Lembah Harau menawarkan wisata yang ramah di kantong dengan pemandangan sekelas Yosemite national park di California, Amerika.