4 Langkah Memperpanjang Masa Pakai Ban Mobil Anda

Memperpanjang masa pakai ban mobil adalah hal yang krusial bagi Anda yang memiliki mobil. Soalnya ban ini sendiri memegang peranan penting terhadap kenyamanan sekaligus keselamatan Anda selama berkendara. Hal tersebutlah yang membuat ban tidak boleh cepat untuk rusak. Berikut ini ada 4 langkah untuk memperjanpanjang masa pakai ban seperti berikut.

memperpanjang masa pakai ban mobil
pricebook

1. Memeriksa Ban Terlebih Dulu


Kesalahan banyak orang yang kemudian mempengaruhi kondisi ban yang dimiliki adalah dengan tidak melakukan pemeriksaan ban. Biasanya mereka akan tetap melanjutkan perjalanan tanpa terlebih dulu mengetahui kondisi mobil. Terutama pada bagian ban yang sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan baiknya sebelum melakukan perjalanan.

Pemeriksaan tersebut tentunya menyangkut kondisi dari keempat ban yang dimiliki. Baik itu kondisi tekanan anginnya, kondisi ban itu sendiri hingga pastikan tidak ada risiko terjadinya ban bocor. Soalnya kombinasi hal tersebutlah yang nantinya akan menentukan kualitas sekaligus keberlangsungan dari pelek dari mobil yang Anda miliki. 

2. Memeriksa Tekanan Angin


Tekanan angin juga adalah hal penting bagi kondisi ban mobil yang Anda miliki. Kenapa bisa begitu? Sederhana saja, apabila ban mengalami kekurangan angin maka berbagai masalah bisa ditimbulkan. Sebut saja mulai dari efisiensi dari bahan bakar yang berkurang drastis, performa kendaraan yang tidak maksimal hingga kerusakan yang bisa terjadi pada mobil. 

Terutama pada kualitas ban yang bisa menurun apabila tekanan angin tidak kunjung mendapatkan perhatian. Untuk itulah, salah satu cara memperpanjang masa pakai ban  mobil adalah dengan selalu memeriksa tekanan angin. Hal ini sudah bukanlah hal yang sulit dilakukan karena adanya teknologi TPMS pada mobil yang bisa melakukan pemeriksaan secara tepat.

3. Usia Pakai Ban


Perlu diketahui bahwa produk apapun pastinya memiliki usia pakai yang tidak bisa disamakan. Tidak terkecuali untuk ban pada mobil yang juga memiliki usia pakai sendiri. Usia pakai dari ban ini sendiri bisa dibilang sangat dipengaruhi oleh berbagai hal. Mulai dari faktor cuaca, gaya berkendara, jalan yang sering dilalui hingga produk ban yang dipilih oleh Anda sendiri. 

4. Pemeriksaan Alignment


Cara yang terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan alignment pada ban mobil Anda. Nantinya pemeriksaan ini akan berguna untuk mengetahui kesejajaran dari ban mobil yang dimiliki. Dengan tetap memastikan bahwa ban mobil selalu berada dalam kondisi sejajar maka akan mencegah berbagai kerusakan dalam. Hal tersebut akan memperpanjang usia pakai ban itu.

Jadi memperpanjang masa pakai ban mobil bukanlah sesuatu yang sulit untuk bisa dilakukan. Dengan beberapa cara sederhana yang sudah disebutkan di atas maka bisa langsung dipraktikkan. Supaya ban mobil bisa awet dan juga akan menambah kenyamanan Anda berkendara menggunakan mobil yang dimiliki.